Klasifikasi Vegetasi berdasar Pembentuk dan Ornamental Space

Pemahaman Jenis tanaman berdasarkan fungsinya sebagai pembentuk dan ornamental space memudahkan pemilihan jenis tanaman dalam mengisi ruang luar. Kesesuaian jenis tanaman dapat memberi makna lebih pada pembentuk ruang. Kesan luwes dan natural memberi efek melunakkan suasana dibandingkan apabila penggunaan dengan fungsi yang sama dilakukan oleh bahan perkerasan.

Pemaknaan fungsi elemen ruang seperti dinding, lantai dan isi ruang luar secara keseluruhan desain menjadi landasan dalam pemilihan jenis bahan. Tidak semua harus menggunakan  bahan perkerasan atau bahkan bahan tanaman. Pemilihan bahan yang tepat akan berefek mendramatisir fungsi sekaligus suasana ruang luar. Keindahan desain layout tidak bermakna apa-apa apabila dalam aplikasi pemilihan bahan untuk merealisasikan konsep desain tidak dapat dilakukan secara optimal. Kekeliruan dalam memilih bahan akan mengurangi atau bahkan menghilangkan makna yang terkandung dalam tatanan secara keseluruhan.

Pada dasarnya dapat dipahami apabila keindahan Ruang luar serta kesesuaian antara konsep dengan realisasi keseluruhan desain menjadi hal utama yang menjadi tujuan suatu karya desain. Tetapi sangat dianjurkan dalam implementasi desain tersebut agar penggunaan elemen lunak seperti tanaman, air dan tanah terbuka meliputi lebih dari 60% (mengacu pada standart umum Koefisien Lantai dasar Bangunan) dari total keseluruhan lahan terbuka yang ada.

Untuk mengetahui lebih detail, materi dapat diunduh diKlasifikasi Tanaman Berdasar Pembentuk dan Ornamental Space

20 thoughts on “Klasifikasi Vegetasi berdasar Pembentuk dan Ornamental Space

  1. saya pernah punya rencana membuat wahana bermain untuk Tugas Akhir saya (tapi masih wacana bu)🙂
    tapi setelah saya pikir,ternyata bukan hanya masalah penataan ruang atau lahan,ternyata pemilihan tanaman itu juga penting sekali,,
    untuk pemilihan tanaman pada penataan wilayah itu apa yang harus dilihat bu?tinggi tanaman,sifat tanaman,atau bagaimana bu?🙂

    • he he he… coba itu ditanyakan lagi..setelah kuliah kita berakhir di semester ini..sekarang masih satu materi kan..nanti masih ada 3 materi lagi yang mungkin bisa menjawab pertanyaan putri.
      btw, bu ririn senang.. putri sudah mulai memikirkan TA. oke deh..🙂 nanti kita belajar bersama lagi ya..

      • sepertinya putri terinspirasi dari proyeknya bu anddys bu.. waktu masih kerja di kantor bu anddys😀

      • he he he…ya ya ya…bicara ‘kenapa desain landscape dianjurkan untuk menggunakan elemen lunak sebanyak 60%’ adalah untuk mengimbangi pemasukan udara baik dan menjaga yang sudah baik untuk menetap.
        Banyak konsep penataan lansekap..beragam pula efek yang terjadi oleh tatanan tersebut. Tidak bisa diingkari, bahwa bicara landsekap sebenarnya sama saja dengan bicara bagaiimana ‘mengelola bumi’, karena penataan lansekap dilakukan diatas bumi. Secara hukum, kepemilikan tanah dimana lansekap itu berada memang menjadi hak milik seseorang atau badan hukum tertentu. tetapi perlu diingat bahwa bumi dimana lansekap tersebut berada sebenarnya secara hakiki tidak menjadi hak milik seseorang atau badan hukum tersebut secara mutlak. karena penataan yang dilakukan diatasnya berpengaruh terhadap ‘kesehatan’ udara, air dan tanah yang ada di dalamnya dan yang meliputinya. Efek yang ada tersebut juga akan mempengaruhi lingkungan di sekitar area lansekap tersebut. Sehingga baik buruknya tatanan lansekap di atas bumi tertentu itu mempengaruhi tidak hanya area dimana lansekap tersebut dibangun, tetapi juga lingkungan sekitarnya dan bumi itu sendiri pada akhirnya…🙂

  2. ternyata selama ini saya salah telah menyepelekan tanaman, saya pikir untuk membuat atau membentuk sebuah ruang luar itu mudah dan asal sesuka kita, ternyata membutuhkan kriteria dan pemilihan tanaman yang tepat..
    hehehe😀

    dan pertanyaan saya hampir sama seperti putri bu, hehe😀

    • banyak hal tentang tanaman. nanti kita pelajari bersama. setelah uts nanti..bu ririn akan upload semua, sehingga di kelas kita tinggal mendiskusikan studi-studi kasusnya aja.

    • sebenarnya kalo ditelaah..ika pertanyaannya sangat sama dengan saya bu..😀

      perbanyak lagi materi tentang tanamannya bu,,saya tertarik dengan landscape..

      • ….🙂 oke deh.. bu ririn juga tertarik..dan menyukainya.. kita belajar sama-sama ya..? supaya kita saling melengkapi

  3. setuju sama commentnya ika buu.. sering menyepelekan tanaman, malah hanya sedikit tahu ttg tanaman. hehe
    saya kira yang penting bangunan dan tatanannya yg di desain bagus, urusan suasana di sekitarnya (tanaman) belakangan. ternyata tanaman jg sangat berpengaruh dlm desainnya..
    yg jd ptanyaan saya, kenapa dianjurkan dalam implementasi desain tersebut agar penggunaan elemen lunak seperti tanaman, air dan tanah terbuka meliputi lebih dari 60%? apa harus elemen lunak?😀

  4. maaf yh Buuu bru masuk. . . . .trs kmrin msih bingung buat cara masuk k wordpressnya IBu,jd mohon dimaklumi, , , hehehehe matur nuwun, , , ,

  5. Yuni Rahma Christina
    04.2010.1.02466

    maaf bu baru tau blognya…hehehehe
    untuk jenis tanaman ternyata ada yg tanaman obat bisa dibuat tanaman lanskeap ya…..^^

    • tanaman obat adalah tanaman juga. artinya tanaman tersebut juga dapat diklasifikasikan sesuai bentuk fisik yang ada.
      gitu deh..🙂

      • bu.. klo tanaman2 liar gitu pa ada yg bisa digunakan sbg tanaman landscape? mgkin ada tanaman yg dipertimbangkan dr bentuknya yg bgus maka dijadikan tanaman landscape?
        *maav klo pertanyaannya benar atau salah
        trus klo seperti tanaman putri malu itu jg termasuk tanaman untuk landscape kah?

  6. Gadis P.S (04.2010.1.02477)

    bu ririiiinnn… i’m comiiiinggg hehehe😀
    bu aku pengen tau, apa tanaman2 yang klasifikasinya sperti yg bu ririn sbutkan wktu kuliah itu bisa dibuat tanaman dalam ruangan juga apa g?? soalnya kan selama ini kita melajarinya tanaman buat landscape..
    pengen tau aja loh bu.. klo ada ksalahan mohon dimaklumi.. tahap belajar.. hehe ^^

      • lhooo.. jgn buuu.. klo dibuat soal UTS, mending ibu jawab dulu pertanyaan gadis biar nanti bisa ngerjakan UTS nya😀

      • loo buuuu jangaaaannnn… soal uts kmren aja ngawur jawabnya malah pertanyaan yang aku g ngerti malah dijadiin soalll.. wawawa tidaaaakkkk😄

      • hi hi hi… Gadis…memang harusnya kalian tidak mengambil matakuliah ini pada usia semester kalian. secara administratif memang boleh mengambil karena kelebihan sks..tapi secara kemampuan akademis mengikuti matakuliah yang belum masanya diambil pada dasarnya menyulitkan diri kalian sendiri. tapi karena sudah terlanjur diambil..ya sudah. diikuti sebisa mungkin.. tidak ada yang tidak berguna. pasti nanti ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s