Klasifikasi Tanaman Berdasar Aspek Holtikultura

Penggolongan tanaman dilakukan berdasar kebutuhannya. bila kemarin kita belajar menggolongkan tanaman berdasar kemampuan tanaman sebagi elemen pembentuk ruang, maka untuk selanjutnya kita dapat memilih tanaman yang sesuai dengan konsep tatanan lansekap kita berdasar aspek holtikulturanya. Penggolongan berdasar aspek holtikultura ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman karena dasar pemilihan tanamannya adalah berdasar pada habitat, tempat tumbuhnya atau kebutuhan lingkungannya untuk tumbuh dan survive dengan baik. penggolongan tersebut dapat didasarkan pada beberapa hal dibawah ini :

a. Ekologi

Pertimbangan dari segi ekologi adalah membagi tanaman berdasarkan kebutuhan lingkungannya seperti jenis tanah, kebutuhan air, kebutuhan cahaya, kebutuhan kelembapan dan cuaca, dan kebutuhaan angin. Berdasarkan pertimbangan ekologi maka dijumpai tanaman yang membutuhkan keteduhan, tanaman yang membutuhkan cahaya penuh atau setengah bayang, tanaman daerah kering atau daerah basah. Terkait dengan aspek ekologi lainnya, tanaman juga dapat berfungsi untuk memperbaiki lingkungan / ekologi secara efektif.

 b. Fitogeografi

Pertimbangan fitogeografi berdasarkan daerah asalnya seperti tanaman pantai, payau atau tanaman rawa, tanaman gurun, tanaman bukit karang, tanaman daerah rendah atau daerah tinggi maupun sedang.

c. Taksonomi

Pembagian tanaman berdasarkan taksonomi berarti membaginya berdasarkan silsilah mulai dari kelas, ordo, genera, famili, spesies, jenis, atau varietas.

Nah.. paparan kemarin ditambah dengan paparan  kali ini menjawab pertanyaan Leni ttg bisakah tanaman liar dijadikan tanaman yg sesuai u kebutuhan landsekap, sekali lagi..tergantung konsep tatanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s