Teori Vitruvius – Venustas

Venustas adalah satu komponen dalam teori tentang lingkup Arsitektur oleh Vitruvius. Uraian tentang venustas meliputi banyak teori juga. Mengingat Venustas atau Keindahan ini dapat bersifat sangat subyektif, dapat menjadi keindahan formal, keindahan menurut budaya atau keindahan yang bersifat seni.

Dalam kajian keindahan menurut Arsitektur, yang dimaksud dengan keindahan formal adalah keindahan yang bisa diterima oleh masyarakat pada satu masa. Keindahan budaya adalah keindahan yang terjadi o kesepakatan satu kaum yang terjadinya karena berhubungan dengan ritual atau kepercayaan tertentu. sedangkan keindahan seni sangat bersifat subyektif dan tergantung pada konsep yang ingin dicapai.

Dalam kajian Arsitektur, keindahan sangat berhubungan dengan masa atau jaman dimana keindahan tersebut dapat diterima oleh masyarakat sebagai pemilik, pengamat dan penikmat. Keindahan berhubungan dengan masa adalah disebabkan selera masyarakat dalam menanggapi keindahan itu sendiri. keindahan dalam masa tersebut dapat disebut dengan mode atau style. Sehingga sebenarnya dalam Arsitekturpun tidak ada keindahan yang mutlak. Keindahan Arsitektur dapat dibenarkan apabila menyatu dengan komponen arsitektur yang lain, dimana menurut teori Vitruvius, komponen Arsitektur meliputi Venustas, Utilitas dan Firmitas.

Keindahan menurut Budaya, dalam Arsitektur lebih bersifat mutlak, disebabkan untuk berbuat keindahannya, memiliki aturan-aturan baku yang tidak boleh dilanggar, baik dalam menata massa bangunan, ruang, warna sampai pada ornamen pengisi.

pembahasan Venustas di materi MK ini masih meliputi Keindahan secara umum dan obyektif dari teori-teori keindahan formal. Dapat diunduh disini

4 thoughts on “Teori Vitruvius – Venustas

    • Maaf, mas Iwan, Baru bisa menjawab. apa ya maksudnya dengan komen nya : mbakk kos file nya sama..? hehehe.. mohon penjelasan. sebagai masukan buat saya. trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s