Evaluasi hasil UTS

UTS sudah berlalu. Beberapa hal yang bisa disimpulkan dari hasil UTS adalah belum sempurnanya pemahaman terhadap penggunaan tanaman berdasar klasifikasinya sebagai pembentuk ruang. Ada yang perlu didiskusikan.. Monggo..apa ada yang mau komentar. saya tunggu

30 thoughts on “Evaluasi hasil UTS

  1. beberapa dari kalian membuat desain lansekap dengan tidak menggunakan atau menempatkan tanaman peneduh. wao.. padahal..studi kasus dalam soal adalah di kampus kita dan itu ada di Surabaya. bayangkan bila tidak menggunakan tanaman peneduh sama sekali.

      • ya. Yuni cukup bagus. semua sudah berusaha keras kok, menurut saya. bu ririn hanya cek kecepatan dan ketepatan kalian semua dalam menghadapi suasana dan kondisi yang tiba-tiba. bagaimana bisa mengeluarkan ide cepat dalam waktu yg singkat atas permasalahan yang muncul secara tiba-tiba.

    • ikutan buuu.. bingung puoll ngrjain utsnyaa.. mohon dimaklumi soalnya pengetahuan yang didapat masi kurang..

    • oh yah bu, mungkin maksud bu ririn karena wilayah surabaya yang cenderung panas yah..
      nah, untuk pemilihan tanaman yang cocok di wilayah seperti surabaya ini harus dilihat dari segi apanya bu ?
      kan ada beberapa tanaman yang gak bisa bertahan lama/gak bisa hidup di lingkungan yang panas…

      • sebenarnya cukup mudah, karena kebetulan kita biasa di Surabaya, maka kita bisa melihat sekeliling kita. tanaman apa sajakah yang bisa hidup di sekitar kita..ya itu yang bisa kita ambil sebagai tanaman untuk mengisi lansekap kita. sekalipun..mmg ada rekayasa habibat.. tapi itu perlu ilmu khusus dari bidang pertanian dan perkebunan.

    • absen buu.. sebenarnya aku agak bingung pas ngerjain utsnya.. soalnya jujur aku krg paham dg penempatan vegetasi yang tepat beserta prinsip2nya.. apalagi untuk kapasitas lahan sebesar itu.. mungkin bu ririn ktwa pas koreksi utsku. hehehe mohon maklum bu.. belum pernah ambil landscape sama skali..

      • sebenarnya yang bu ririn minta di soal uts kemarin sederhana saja kok. ada site seperti pd soal…kemudian isilah dengan tanaman sesuai dengan posisi elemen lansekapnya. elemen lansekap yang sudah ada adalah bangunan di sekelilingnya sebagai ‘dinding’ dan jalur pedistrian ways sebagai penghubung antar ruang dan bangunan. dan bila mmg punya ide lebih..untuk mengisi space besar di tengah itu..boleh-boleh saja. mau dijadikan lapangan sepak bola juga boleh.

      • oalah.. gtu toh.. tau gtu tgah2nya takbuat penangkaran komodo bu… wkwkwk

      • ha ha ha…boleh Gadis… seperti yang dilakukan oleh Kampus Malang Kuceswara dulu, kampusnya memiliki desain yang unik. dimana lansekapnya didesain sebagai ‘kebun binatang’ juga.. sehingga dimana-mana ada areal dengan binatang tertentu yang ada di dalamnya. he he he..mau ya..kampus kita seperti itu..?

      • he he he.. boleh..minimal nanti kita rancang dalam konsep dan gambar untuk tugas lansekap semester depan ya…🙂

  2. untuk Tugas. bagi tim cowok.. salut untuk kalian..karena berhasil mengumpulkan data tanaman yang banyak. hanya saja.. beberapa nama hanya kopipaste terhadap 1 jenis file yang berisi tanaman. sehingga beberapa nama dalam kelompok mengumpulkan data tanaman yang sama dengan format yang sama.

    • maaf,, bu… kemarin untuk tugasnya tim cowok memang belum kita seleksi jenis2 tanamannya biar gak sama,,, heheh
      maksud dr kelompok kami mau digabung informasi (keterangan data) dari jenis tanaman2 yang sama itu, bu.. biar lebih lengkap.
      sekalian maaf juga kita belum sempat jadikan buku yang mungil kayak punyanya kelompok cewek bu… hehehe…

      • o,ya.. tolong ya..untuk semua.. baik tim cewek maupun tim cowok.. tugas bikin bukunya diambil lagi dan disempurnakan ya.. saya minta semua aktif memberi data tanaman..sebanyak mungkin agar menjadi buku yang sangat bermanfaat. besok juga boleh..di lab despro. kemudian jangan lupa untuk dijilid yang baik..untuk tim cowok..bisa gak format ukunya dibuat unik juga.
        o, ya..jangan lupa..untuk semuanya… tolong diberi tambahan : daftar isi, daftar pustaka..dan profil penyusun bukunya..he he..he..

  3. untuk tim cewek.. salut juga buat kalian.. karena berhasil membuat buku yang unik. bagus. bisa dikembangkan. hanya saja.. karena bentuk buku yang kalian buat itu mungil, mungkin sebaiknya satu halaman diisi dengan satu jenis tanaman saja. dan bila sempat, tambahkan lagi beberpa jenis tanaman yang lain sesuai dengan spesifikasinya. bagaimana..

  4. oke..hasil bisa dibilang bagus untuk semua. o, ya.. satu lagi..tambahkan daftar ini dan daftar pustaka ya..dalam buku hasil karya kalian itu.

  5. saya kemarin tidak ngasih tanaman peneduh bu, karena saya berfikiran kalau tamannya akan ramai dimalam hari, jadi lebih ke macam tanaman pengarah yang banyak, hehehe ..

    saya juga kurang paham jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan ditaman di wilayah surabaya😀

    • saya kemarin juga gag ngasih tanaman peneduh buu.. lupa😀
      soalnya kmrn hasil tugasnya khan cuman tanaman pengarah dan penutup tanah, sehingga terpaku sama tanaman tersebut. jadinya lupa sama tanaman peneduh. hehe🙂

      • he he he..nanti…setelah semua ini selesai..semoga Leni lebih bertambah wawasan tanamannya. sehingga dapat mengaplikasikan dengan lebih baik

  6. he he he.. mmg begitu.. nanti akan ada klasifikasi tanaman berdasar habitatnya. yang ini agak sedikit gak biasa buat kita. artinya, karena kita arsitek bukan ahli botani. tapi bila mmg ingin desain lansekap kita sukses.. ya mau gak mau harus paham kesesuaian jenis tanaman sesuai dengan tempat dan lokasi lansekap yang kita garap

  7. oke..sampai disini dulu diskusi kita ya..nanti kita lanjut.. nah tuh..bu ririn sudah post kan 1 materi lagi sebagai bahan diskusi kita nanti.
    bagi yang malam ini tidak ikut diskusi.. boleh tetep masukkan komen untuk bisa dijawab disini..selamat belajar dan berkarya..🙂

  8. sore bu,
    maaf bu baru muncul😀
    bu,maaf kalau UTS nya mengecewakan sekali,,benar2 tidak ada ide buuu..hehehe
    untuk tugasnya juga bu,,kita kekurangan bahan materi,terlebih untuk pengarah..
    Tugasnya itu dikumpulkan kapan bu?

    • selesaikan seoptimal mungkin ya…biar jadi masterpeace..he he he..cetak sejumlah anggota (dengan mengganti ongkos cetak tentunya).. he he he…

  9. ow ya ,,bener itu bu..harus diganti ongkos cetaknya,,hahaha😀
    semoga bukan hanya jadi masterpiece bu,tapi juga bisa di terbitkan :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s