SEQUENCE

Keberhasilan desain lansekap adalah pada berfungsinya desain tersebut secara timbal balik antara eksterior dan interior. ada hubungan yang sangat erat antara ruang dalam (interior) dan ruang luar (eksterior).

Ditinjau dari ruang dalam (interior), maka ruang luar (eksterior) menjadi vista (pemandangan) yang terbingkai oleh pembukaan yang dilakukan bangunan. Kenyamanan penataan interior dipengaruhi oleh elemen lansekap yang ditata sedemikian, seperti misalnya penataan pepohonan, penataan lampu dan lain-lain yang disesuaikan dengan arah pembukaan dan bahan bangunannya. Keistimewaan lansekapnya menjadi pertimbangan dalam meletakkan beberapa elemen interior secara spesifik, seperti penataan jenis ruang terhadap arah hadapnya dan sebagainya.

Demikian sebaliknya. Desain lansekap mempertimbangkan beberapa hal sesuai dengan tuntutan interior bangunan, misalnya dalam menentukan pola pedistrian ways (tempat pejalan kaki) yang menghubungan antara satu ruang dengan ruang lain yang beranakanorientasi ke lansekap tersebut.

Pola hubungan antara interior dan eksterior serta eksterior yang satu dengan eksterior yang lain dan direncanakan dapat  menimbulkan pergerakan. Bila pergerakan ini kemudian direncanakan dengan konsep tertentu maka pergerakan dari vista (pemandangan) yang satu ke vista (pemandangan) yang lain ini disebut dengan Sekuens (Sequence).

Beberapa hal mengenai ini dapat diunduh di siniiniini dan ini

pelajari ya..dan diskusikan pentingnya untuk desain keseluruhan bangunan dengan site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s