Belalang, Capung dan Kupu-kupu

bu Ririn masih ingat, itulah julukan bu ririn untuk kalian pada saat bu ririn masih jadi dosen kalian. Belalang, Capung dan Kupu-kupu, beterbangan kian kemari, berdengung, ramai tapi bersuara tak jelas..cantik, menarik, berwarna-warni, mata bulat, lebar, lugu, penuh rasa ingin tahu, hinggap disana, hinggap disini..tanpa lelah.. Belalang, Capung dan Kupu-kupu..šŸ™‚

kemarin seseorang dari kalian sms bu ririn..bercerita tentang kegiatan kalian saat ini. LKMTD ya..? senang membayangkan kalian masih eksis dengan banyak kegiatan di kondisi seperti ini. mohon maaf, bu ririn tidak bisa memenuhi permintaannya untuk datang ke tempat kalian. sekalipun bu ririn sangat ingin berada di antara kalian. Jadi gak bisa sharing ya.. bu ririn tulis disini saja ya.. dan boleh kok dikomentari..jangan hanya dibaca..boleh dikomentari..kayaknya setelah bu ririn gak di itats..kalian jadi malas deh komen disini..šŸ™‚ tapi gak papa kok.. dibaca saja juga gak papa.

Disini, bu Ririn hanya merefresh apa yang pernah kita diskusikan. Masih ingat, bahwa dalam berorganisasi, atau berkegiatan yang melibatkan kelompok, maka anggota diibaratkan sebagai sebuah tangan. ada jempol, ada jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking.šŸ˜€ … kita tidak bicara masalah fisik, bahwa kalo jempol itu bulet dan kelingking itu kecil..šŸ™‚ Mari kita perhatikan kembali bagian tubuh kita yang ini sehingga kita dapat belajar sesuatu darinya.

  1. Jari Jempol…secara bentuk, jelek. gemuk dan pendek. Posisi penempatannya di ujung. Posisi terhadap penempatannya di telapak tangan juga berbeda dengan yang lain. Jempol memiliki kemampuan berputar-putar. lain dengan keempat jari yang lain, yang hanya dapat bergerak melipat ke depan. Dengan penempatan seperti itu, dia bisa dengan mudah bersentuhan dengan jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking.
  2. Jari Telunjuk… dia adalah jari kedua setelah jempol. Hubungannya dekat dengan jempol. Jempolpun, lebih sering berhubungan dengan jari ini dibandingkan dengan jari yang lain. Dinamakan jari telunjuk karena untuk menunjuk sesuatu selalu menggunakan jari ini. Menunjuk disini adalah pengamat. dia harus cerdas berani memutuskan untuk menunjuk apa, yang mana, untuk apa dan dengan maksud apa menunjuk. menunjuk yang berarti memperlihatkan, memberi tahu, menyuruh, meminta perhatian dan menyentuh dengan lembut.
  3. Jari Tengah…sesuai dengan namanya, maka jari ini terletak di tengah diapit dua jari di kiri dan 2 jari di kanan. Jari ini relatif dekat dengan semua jari. Dari semua jari, jari tengah memiliki postur paling panjang. kelebihan yang menguatkan bila mencengkeram sesuatu. Coba perhatikan, kalo kita misalnya menggenggam sesuatu..maka posisi jari tengah kelihatan sangat menguatkan struktur cengkeraman yang dilakukan oleh jari-jari yang lain. Secara estetika posisi dan dimensinya membuatnya sebagai aksen yang kuat sehingga tangan menjadi indah dan sempurna..
  4. Jari Manis…dinamakan jari manis, bukan karena dia manis seperti gula. Tapi lebih sebagai jari yang dimaniskan atau membuat tangan menjadi manis bila di jari ini diselipkan sebuah cincin. Di jari ini cincin menjadi kelihatan cantik dan mempercantik tangan. Itu sebabnya cincin cenderung untuk di tempatkan di sini. Sebagai jari yang dipermanis, maka jari ini memang berfungsi sebagai pemikat. yang membuat orang menjadi dikenali karakternya, yang membuat orang dikenali style nya. Dia bisa jadi humas yang baik..šŸ™‚
  5. Jari Kelingking…Jari ini adalah jari terjauh dari Jempol dan terkecil dibandingkan yang lain. Tapi posisinya yang terjauh dan terkecil justru yang paling menguatkan semua jari. Dia menjaga jari-jari yang lain. Dan pada saat-saat tertentu dapat melakukan beberapa tugas tiga jari yang lain.

Nah! masing-masing punya makna dan fungsi yang berbeda. masing-masing berada pada posisinya. Pada saat tertentu masing-masing bertugas sesuai fungsinya. Tapi ada saat dimana mereka semua melakukan semuanya secara bersama-sama. Menggenggam misalnya.. alangkah kuat sebuah genggaman bila dilakukan oleh semua jari. semua memberikan energi yang sama, sesuai fungsinya, maka genggaman tersebut menjadi kokoh.

šŸ™‚

bayangkan..kalo jari-jari kita adalah jempol semua…

atau.. jari manis semua… atau bahkan kelingking semua…

Kesimpulannya apa..?

bahwa bila team sudah terbentuk.. jadilah sesuai fungsi.. yang pemimpin jadilah jempol yang baik..yang selalu menjaga hubungan dengan anak buah yang lain. begitulah seterusnya.. jangan semua mau jadi jempol.. sehingga tidak ada yg mengerjakan pekerjaan lapangan..Tapi jangan juga semua bekerja di lapangan..nanti tidak terarah..sehingga buang-buang waktu, tenaga dan yang lain.

Yang memang pandai mengkonsep acara..biarlah jadi konseptor, yang lain ikhlas jadi pelaksana

Yang memang trampil di lapangan..beri kepercayaan agar dia bisa menyelesaikan tugasnya di lapangan

yang merasa bisa jadi semua..baik konseptor maupun lapangan… yaa.. sesuaikan saja.. di acara apa..sedang jadi apa..

Dalam posisi apapun, sesungguhnya kita adalah pemimpin. karena pada hakekatnya, mampu menempatkan diri, berguna pada sesama adalah fungsi pemimpin. seperti kata Ki Hajar Dewantoro.. Bila berada di depan..jadilah yang memberi contoh, menunjukkan jalan.. Bila berada di tengah.. jadilah yang memberi semangat dan ikut membangun..bila berada di belakang mengikuti dan melaksanakan..

Kalian semua adalah Pemimpin.

Sukses ya, untuk LKMTD nya..

( y )

I love you all….salam untuk semua… Bu Ririn kangen sama kalian semua…

šŸ™‚

2 thoughts on “Belalang, Capung dan Kupu-kupu

  1. kalau di jari kanan kita tumbuh seperti bunga kuku sering orang bicara, maksud adanya bunga kuku d jari manis kanan apa??
    tolong infonya soalnya udah 2 minggu gk hilang2

    • wadoh, bu..saya bukan ahli kesehatan…he he he…=d, maaf…tidak berani memberi tips n informasi apa2..takut salah memberi informasi. silahkan untuk browsing lebih lanjut.
      Trimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s