Hari baru, Bulan baru, Semester baru…. :)

Selamat datang kembali, anak-anakku. Di kegiatan yang padat selanjutnya, di semester Genap tahun akademik 2011-2012…:)

Perbincangan kita selanjutnya adalah tentang evaluasi diri..diri sendiri, tentu..berkaitan dengan banyak hal di lingkugan kita. teman-teman kita, dosen-dosen kita, penjual-penjual makanan di kantin kita, orang-orang di rumah kita, di kos-kos an kita..dimana saja.

  • Pertama, kita kenali kekurangan-kekurangan atau kesulitan-kesulitan yang kita hadapai semester lalu. Uwaaahhh… banyak…🙂 Syukurlah.. kalo masih punya kesulitan.. atau dengan PeDe.. : tidak ada kesulitan, buk… lancar jaya… syukurlah.. tidak ada yang salah dengan semuanya. yang lancar telah belajar langsung menangani masalah dan diijinkanNya menyelesaikan saat itu juga. Yang masih menganggap sebagai kesulitan dan membekas sebagai kesulitan..juga harus bersyukur. berarti masih diberi banyak waktu,  karena kesulitan itu adalah buku yang belum tuntas dibaca. masih harus diselesaikan.Jadi, coba tuliskan..dan renungkan semua kesulitan yang kemarin ‘mengganjal’…agar tidak ada ganjalan-ganjalan yang tersisa dihati kita.
  • Kedua, kita kenali efek dari kesulitan-kesulitan kita kemarin. Kita kenali dampak dari kesulitan-kesulitan tersebut. ‘sulit membagi waktu, buk..tugas e..buanyaaakkk’… laa.. apa efeknya… ‘gak optimal, buk..walah..sebenarnya saya bisa lebih optimal lo, buk..wong ide saya itu sebenarnya, baannyyakkk’..🙂  nah.. kenali semua efek dari kekurangan dan kesulitan-kesulitan kita semester lalu.
  • Ketiga, coba kita jujur… sebenarnya.. target kita apa.. nonsen.. kalo gak punya target.. he he he… la sekolah kok gak pake target..? apa targetnya hanya sekedar lulus..? waaa…🙂 sehingga kita bisa berhitung, dari kesulitan kita kemarin, dan efek yang terjadi oleh kesulitan itu.. perolehan kita terhadap target gimana.. sudah memuaskan..? atau masih dibawah target..?
  • Keempat, Coba diingat-ingat kembali.. sebenarnya.. apa yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah, kekurangan dan kesulitan itu. benarkah kesulitan-kesulitan itu sudah dihadapi..? benarkah cara kita menghadapinya..? kalo ternyata saat itu bisa diatasi..berarti kita da lolos u satu masalah.. yang lain..? ….. : ‘sudah buk, tapi gak berhasil..masih belum memenuhi target, neh..’… begitukah…?
  • Kelima, mari kita jujur.. menengok potensi kita… bu Ririn yuakin sekuali… kalian semua punya potensi yang unik.. dan luar biasa. coba di list sebanyak-banyaknya… sebanyak-banyaknya… dan yakini…bahwa itu memang potensi yang kalian miliki.
  • Keenam…nah…! coba liat.. dan bandingkan.. antara kekurangan dan potensi kita… coba simpulkan.. dan kirim ke email bu ririn…

Bu Ririn Tunggu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s