Air :) , Selamat Hari Air Sedunia

Ketika hati galau, dan kadang merasa terpuruk, maka mandi menjadi hal yang mampu merubah mood dengan cepat.

Ketika merasa tidak mampu mendapatkan sesuatu yang diinginkan, dan nelangsa, maka mandi menjadi cara nyata untuk menyadari sesuatu.

Ketika hati lelah oleh rasa jengkel sehingga semangat melayang entah kemana, maka hujan menjadi anugerah terindah yang meluruhkan kekerasan hari dan menumbuhkan semangat baru.

Bukan pada mandinya yang mujarab untuk menghalau banyak masalah. Dan bukan pada kehujanannya yang mampu meluruhkan kekesalan hati. Tetapi pada kesadaran dan kekagumanku pada airlah yang mampu meluluhkan hatiku.

Air adalah salah satu ciptaan Allah yang sangat aku kagumi. Menurutku air itu sangat luar biasa.

Menurut definisinya, air adalah zat alam yang secara kimiawi terdiri dari atom-atom yaitu satu molekul atom Oksigen dan dua molekul atom hidrogen yang kemudian dikenal dengan sebutan H2O. Kimiawi dan Fisika, air memiliki banyak keistimewaan baik sebagai pelarut, dan air juga bersifat kohesi,yaitu sebagai zat yang mudah bergabung dengan sesama zat air.

Sungguh, sebagai pelarut, air mengajarkan kepada kita untuk mampu melarutkan semua hal yang datang padanya. Mengubah bentuk keras menjadi lunak seperti dirinya.

Sebagai zat yang memiliki sifat kohesi, air mengajarkan kepada kita untuk fleksibel, mudah bergabung dengan sesama, sesama air.

Sifat air terdiri dari tiga yaitu cair, padar dan gas. Lewat ketiga bentuk itu, air telah memelihara bumi. Menjadi air, menjadi awan dan menjadi hujan.

Ketika sedang melakukan kuliah lapangan beberapa waktu yang lalu. Sekali lagi, aku tidak pernah bisa sekedar berlalu begitu saja dari sungai. Merenungi sungai, merenungi air yang mengalir deras, membuatku berpikir dan semakin mengaguminya. Air di sungai itu, sunggu sangat bening. Seluruh bebatuan dan pasir di dasar sungai terlihat dengan jelas. Bahkan ikan, dan beberapa binatang air yang lain terlihat jelas. Memperhatikan gerak air yang mengalir turun sesuai bentuk kontur tanah menghanyutkan, semakin membuatku berpikir dan semakin membuatku kagum.

air  sungai 1

sumber : ptbangkitjayaair.wordpress.com

Betapa air mengisi bentuk, ruang dan relung-relung bebatuan yang menjadi dinding sungai. Mengisi sepenuhnya. bergerak dari bentuk yang satu menjadi bentuk yang lain, sesuai bentuk relung bebatuan. Air sangat flexibel dalam membuat bentukan dirinya sendiri dalam menyesuaikan  terhadap bentuk-bentuk relung-relung yang dilewatinya. Tidak ada setitikpun tepian yang dilewatinya yang tidak disapanya. Betapa mudah dia menerima tempat baru dan membetuk dirinya seperti tempat barunya dengan tetap menjadi air, tanpa harus menjadi sesuatu yang lain.

Air bening yang mengalir itu membiarkan semua hal jatuh diatasnya. dedaunan, binatang air, anak-anak nakal yang melemparinya dengan batu, bahkan yang mengambil airnya. sebagian yang terlempar padanya, dibiarkan tenggelam, dan tergeser-geser oleh geraknya sampai yang tenggelam menemukan tempat yang nyaman dan diam di suatu tempat. Yang tidak tenggelam, mengapung dan mengalir bersamanya. Sekilas permukaannya seolah kotor. Dan ia membiarkan yang mengapung bersamanya beriringan dengannya. Di sisi lain, dalam perjalanan panjangnya, banyak bebatuan di sepanjang tepian dan tengah sungai, yang seolah menjadi penghambat geraknya, kelancaran alirannya. Sungguh, ada kekotoran di permukaannya, dan ada banyak bebatuan disepanjang perjalannya.

Dan ketika aku menyusuri sungai di sepanjang tepiannya. Tiba-tiba aku menyadari, bahwa bebatuan yang seolah menghambat itu, justru menyaring sungai. Dedaunan itu terhambat di beberapa tempat diantara bebatuan. sehingga air bening tetap mengalir. Meninggalkan dedaunan dan tetap mengalir dengan lebih bersih. Tiba-tiba aku teringat nasehat seorang sahabat sesama pecinta alam, bahwa bila sedang di gunung, mengambil air sungai untuk diminum langsung dapat dilakukan di air yang mengalir. Ambillah di tempat air yang mengalir, jangan di kubangan, karena yang mengalir sudah tersaring.

Kekagumanku pada air itulah yang membuatku senantiasa bersyukur. Setiap kucuran air dan guyuran air, senantiasa membuatku ingat, bahwa ini nikmat yang tak ada dua nya. Mandi dengan air bersih yang bening yang dingin yang mengalir dan mengusap setiap sel-sel kulit tubuhku. Terasa dinginnya sampai ke dalam hati. Dan tiada habis rasa syukurku setiap kunikmati tetesan dan kucuran air yang membasahi di tubuhku.

air 2

sumber : nationalgeographic.co.id

(He he he…maaf, tidak bisa mengupload gambar diri sendiri yang sedang mandi…Ha ha ha.. jadi ilustrasinya gambar gajah mandi saja)

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh sekumpulan Ahli di Jerman, dalam proses mandi, pertemuan air dengan kulit, atau kulit tubuh yang tersentuh oleh titik-titik air, di titik dimana tersentuh oleh air, syaraf di kulit yang tersentuh air akan merespon sentuhan tersebut. Sentuhan itu akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar, menenangkan dan berefek menyegarkan. Sehingga menstabilkan kinerja syaraf seluruh tubuh. Itulah efek yang membuat tubuh menjadi segar dan sehat.

Air..dimanapun selalu menganggumkan.

Beberapa waktu yang lalu, kami sempat juga rapat kerja di pantai. Kembali, aku tak sanggup untuk tidak berada berlama-lama untuk menghayati suasananya. Sungguh, indah sekali, perubahan warna air laut. Sungguh indah sekali perubahan dan pertemuan antara air laut dengan pantai, air laut dengan langit.

pantai

Papuma, 2 Maret 2013

Sungguh menakjubkan, tiga ruang yang berbeda, pantai, laut dan langit. Air.. menjadi perantara dua dunia.

Begitulah sekelumit yang bisa aku ceritakan, kekagumanku pada Air…:)

Selamat Hari Air Sedunia, 22 Maret 2013.

Terima kasih, Allah, atas karuniaMu.

2 thoughts on “Air :) , Selamat Hari Air Sedunia

  1. Bu, kenapa gambarnya gajah mandi? kenapa gak jerapah, rusa, ato kucing gt yang mandi… hehehe.. ups…😀 Anyway, apik bu.. like this lah. Terutama filosofinya itu lo…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s