Semalam di Makasar…

Jumat yang krodit. Tiga kegiatan, menghadiri undangan Haul Sunan Drajat di PP Sunan Drajat Lamongan, undangan rapat APTARI (Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia) di Bandung, dan terakhir adalah undangan workshop dan penandatanganan kontrak PHP-PTS senilai 500jt di Makasar. Badan cuma satu. jadi memang harus dibagi. He he he… sebenarnya yang paling matang adalah kegiatan di Bandung, karena kegiatan ini sudah jauh-jauh hari kami persiapkan, ada workshop tentang KBK-KKNI spesifik Arsitektur yang kami butuhkan untuk melengkapi perubahan kurikulum yang sedang kami kerjakan.

Lalu WR 2 mengingatkan kegiatan Haul Sunan Drajat di Lamongan. Ya sudahlah. Karena berbarengan yang kebagian hadir di PP Sunan Drajat adalah 3 rekan Ka. Prodi yang lain.

Tiba-tiba, Tim PHP-PTS dipanggil rektor. Kami bertanya-tanya. Ada apa gerangan. Dan bagai disambar petir, kami mendengar dari rektor, bahwa penandatanganan surat kontrak PHP-PTS dilakukan (seharusnya) hari itu, dimulai  jam 9 pagi selama 2 hari sekaligus workshopnya. Saat itu, jam sudah menunjukkan pukul 10. Singkat kata, kegiatan di Bandung aku serahkan ke bu Astri, yang semula memang bertugas berdua denganku di Bandung. Sehingga aku bisa konsentrasi membantu Pak Priyo sebagai wakil ketua, karena ketuanya, pak Arief sedang bertugas di lamongan. Bersama bu Yulia sebagai bendahara, aku sebagai sekretaris akhirnya mempersiapkan semua kebutuhan agar pak Rektor bisa melaksanakan penandatanganan kontrak dengan nyaman.

Kami berangkat dari Surabaya hari itu juga, jam 16.00an. Sampai lupa makan siang dan terus berlari-lari mengejar waktu. Beruntunglah aku yang memang sudah mempersiapkan perlengkapan perjalanan. Tapi bagi pak Priyo…terpaksalah mencari bahan perjalanan seadannya di super market..Ha ha ha…

Kejadian lucu sempat terjadi. Karena kami belum sempat makan siang, jadi sambil menunggu keberangkatan, aku n bu Yulia mencari makan di sekitar ruang tunggu. setelah kami berdua, bergantian, pak rektor n pak Priyo kami persilahkan makan. He he he.. Tapi..tak berapa lama, nama-nama kami disebut untuk segera masuk pesawat. Waaaa…gawat.. akhirnya memang sih, kami tidak terlambat.. tapi nasi padang yang sempat masuk perut pak Priyo, hanya beberapa sendok..he he he…itupun sudah tidak berasa lagi.

Ffuuuiiihhh…

Tiba di Bandara Makasar, jam 20.00an lebih..sampai di hotel Mercure, sudah jam 21,00an. Reviewer sempat sinis..dan membiarkan kami beberapa lama. Kami maklum. Pasti dinilai tidak serius, dan dinilai tidak akan mampu menyelesaikan semua revisi.

Ffuuiihhh…

Kami lega, ketika pada akhirnya sebelum reviewer mengasistensi proposal kami, kami diminta mengisi beberapa formulir, serta menunjukkan sejumlah syarat-syarat yang diminta, dan…. yang paling melegakan… akhirnya, pak Rektor menandatangani kontrak tersebut.

Alhamdulillah…

Lalu kami akhirnya ditemui bapak reviewer terhormat, dan beliau memberikan beberapa cacatan yang secara prinsip harus diperbaiki dan diubah. Dan harus dikerjakan malam hari ini juga agar besok sudah pasti program yang di rencanakan sehingga Berita acara perubahan itulah nanti yang akan jadi acuan kontrak dalam penyelenggaraan seluruh program.

Terjadilah gerilya malam hari. Diskusi tentang perubahan kegiatan dan anggaran menjadi pembuka, dan dilanjutkan dengan pembagian tugas.

Jam 4.30an (waktu makasar) pagi hari berikutnya. Suasana dan suara TV mendapat suara tambahan 2 suara baru..ha ha ha…dengkur pak Priyo dan bu Yulia.. bu Yulia bobok dengan nyaman di tempat tidur hotel yg besar dan nyaman..dan pak Priyo terkulai di kursi, di tempat beliau bekerja. Walah-walah.. ha ha ha… kok ya tingal aku seorang diri ya, dan suara dengkur itu menarikku untuk memandang tempat tidur hotel satunya..yang masih kosong… Aduh..selimutnya itu..kok nyaman ya… kayak nya…gak apa-apa deh untuk dicoba sebentar..untuk sementara tugasku sudah selesai kok. tinggal penyesuaian dengan tugas yang jadi bagian pak Priyo dan bu Yulia… mmmm…zzzz…mmm…zzz

Aku terkejut dibangunkan suara Adzan dari BB ku. Adzan waktu Surabaya, tuh..he he he.. kami serentak terbangun.. waaa…sudah jam 5 pagi.. padahal reviewer minta kami menyelesaikan perbaikan hanya sampai jam 8 pagi. Kami langsung bangun. dan langsung bekerja kembali.. ke kamar mandinya gantian.

Jam 7 pagi.. kami baru menyadari, kalo perut kami keroncongan. dan baru ingat semalam kami belum makan. Ha ha ha.. jadilah pagi itu kami makan pagi, dengan menu nasi goreng campur aduk.

Selesailah semuanya jam 11 siang. kami berberes, dan masuk ruang workshop untuk asistensi ke reviewer. Untunglah tidak banyak perubahan. Berita acara kami buat. dan selesailah semuanya pada pukul 14.00.

Di ending…pak rektor mentraktir kami makan Palu Basah, setelah cari Sop Konro yang ternyata sudah habis di dua tempat yang kami kunjungi… kata Pak rektor, ini sebagai ganti nasi padang yang tidak sempat dimakan di Bandara Juanda kemarin.

Kami naik pesawat menuju Surabaya pukul 17.40 waktu Makasar. Sampai di Surabaya pukul 18.40an. ada keterlambatan. banyak kendala penumpang di dalam pesawat.

hhhh… syukurlah…

Mission accomplish…🙂

(tapi masih ada PR, yaitu melengkapi semua berkas proposal untuk dikirim lagi ke Dikti, paling lambat tanggal 5 Juli 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s