KULIAH LAPANGAN…again… wWuuiihh…

Ijin pemilik proyek, Pusat Riset ITS, baru diterima minggu lalu. Highrise building, wuiihh, siapa yang gak kepingin tahu isi di dalamnya. Apalagi, katanya Gedung Pusat Riset ITS ini akan menjadi icon Kampus, satu-satunya bangunan berkonsep green design.

Semula ijin yang diberikan adalah untuk 20 orang mahasiswa dan 6 orang dosen. prioritas untuk mahasiswa semester 3 dan 5. Tapiii… begitu mendengar ada kuliah lapangan di pembangunan Gedung Pusat Riset ITS, anak-anak semester 7, gak mau ketinggalan. bertanya, bolehkan ikut… dengan mata yang memandang penuh harap… wwaallaahh.. mana tega kita. yo wes.. silahkan ikut. bila misalnya gak boleh masuk… ya sudah.. tunggu aja di balik pintu masuk.. hehehe..

Pembekalan diberikan 1 jam sebelum berangkat. refresh materi, agar di tempat kuliah lapangan, materi yang diberikan oleh kontraktor dan arsiteknya bisa nyambung.

Doa bersama diucapkan, semoga Tuhan yang Maha Berilmu memberikan ilmu kepada kami, sebanyak-banyak ilmu, dalam kesenangan berjalan2 di lapangan…dan dalam suasana senang menerima iilmu yang diberikan. Sehat saat berangkat dan sehat pula pada saat pulang.

Sampai di lokasi, kami diterima dengan sangat baik. Sekalipun panas, sumuk dan berkeringat.

10Penjelasan konsep dan gambar dalam direksi kit

Kami diterima di dalam direksi kit. tentu tidak cukup, karena kami datang diluar kesepakatan. dari 20 menjadi 33 orang plus 6 orang dosen. Tapi tidak terdengar keluhan yang berarti. semua menyimak diskusi yang terjadi. dari konsep, aplikasi, cara pemasangan, cara mencari kemiringan untuk mengejar gerak matahari dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Puas secara teoritis… maka jalan-jalan menelusuri 11 lantai gedung dimulai. Dengan diantar banyak pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung, kami mulai menelusuri lantai demi lantai.

2Di lantai 2

Di lantai 2, kami berhenti lama, karena disini direncanakan galeri dengan plafon yang unik. Lantai 2 masih belum selesai, disana-sini masih banyak penyangga dan tangga. plafon yang sebagian besar masih telanjang memberikan gambaran lengkap tentang sistem bangunan yang di letakkan dibawah lantai bangunan.

20Jembatan Penyeberangan antar Gedung

Kami melewati Jembatan antar gedung tempat menarik yang isis… hehehe… karena lokasi jembatan ada di lorong antar gedung. Angin bertiup cukup kencang dan cukup menyenangkan di suasana yang panas.

Perjalanan di lanjutkan. kami sampai di lantai 5, Situasi di bawah mulai menarik untuk diperhatikan.

200Memperhatikan Kota Surabaya dari lantai 5

Sampai akhirnya kami berada di topfloor di lantai 11. Banyak hal dapat dipelajari di lantai 11. Space frame, jenis sambungan dan dimensinya. Sanitasi… dan… berfoto bersama.

2000Foto bersama, belum lengkap sebenarnya. Karena sebagian masih di lantai 8

Semua telah dilihat, semua hal telah ditanyakan. Semoga ilmu yang di dapat tidak hilang begitu saja. Tetap diingat dan dapat menjadi pinjakan untuk dikembangkan.

Jam 13.30an… kami selesaikan kuliah lapangan. Epidose kali ini berjalan dengan baik.🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s