Launching Buku : Surabaya dalam Jejak Kenangan

Cover Surabaya dalam Jejak Kenangan

Alhamdulillah…Akhirnya ada saat u mempublish buku yang sebenarnya isinya merupakan kumpulan foto-foto bangunan-bangunan lama di Kota Surabaya. hanya sekedar mengumpulkan yang terserak dari sekian buku dan dari sekian web site.

Keinginan untuk mengumpulkan foto-foto ini sudah lama tersimpan di hati. Ide itu tercetus bersamaan dengan aku menyelesaikan tesis tentang spirit of place Koridor Kalimas di tahun-tahun yang lalu. terlalu terkagum-kagum pada sisa-sisa bangunan yang masih berserak, dan mencoba membayangkan kemegahannya di masa jaya bangunan-bangunan itu berdiri.

mmm….. sebenarnya gak PeDe.. he he he… Takut untuk salah menulis apa yang aku kutip maupun aku tulis… sungguh tidak bermaksud mengutip dan sekedar menulis ulang. Buku ini, justru merupakan cetusan dari kekagumanku terhadap orang-orang yang peduli pada bangunan-bangunan kuno dan para pengumpul foto-foto lama ini.

Kesedihan melihat banyak bangunan sudah hilang, kegalauan menyaksikan banyak bangunan yang masih ada ternyata hanya ditinggal begitu saja oleh pemiliknya, perih merasakan ketak berdayaan pemerintah kota dalam ketidak mampuan memberikan penyelesaian yang cepat untuk bangunan-bangunan ini, serta kepahitan dalam tawa yang dipaksakan ketika menyaksikan banyak orang memanfaatkannya begitu saja tanpa memahami nilai yang terkandung dalam sejarah yang dimiliki oleh bangunan-bangunan itu.

Sepenting itukah bangunan-bangunan ini sebenarnya..? sedemikian patutkah kita harus memikirkannya..? dibandingkan sebegitu banyak permasalahan kota, seperti ekonomi, politik keamanan dan sebagainya, dan lain lain, dan selanjutnya…

Tentu penting. bukan bermaksud untuk hanya sekedar ‘ngeman pada barangnya’. tapi pada manfaat kajian budayanya. Bahwa masa sekarang ini dapat berlangsung, justru karena keberadaan masa lalu. Klise ya..? seolah gak nyambung antara menyelamatkan masa lalu untuk sesuatu yang ada di masa sekarang.🙂 percayalah bahwa karena waktu itu linier sifatnya, maka hubungan itu pasti ada, dan hanya yang pandai mengambil hikmahnya yang akan mendapat manfaatnya.

He he he… datang ya.. di acara launching buku ini, di Grand City-Gubeng Surabaya, Kamis 7 February 2013, pukul 16.00 wib.

Aku tunggu ya,…

O, ya, selain buku ku ini, dilaunching juga buku ‘Kumpulan Karya Fotografi dan Sketsa-Surabaya dalam bingkai Kenangan’ serta buku ‘Human Centred Design’. Untuk meramaikannya, hadir Cak Dukut Imam Widodo untuk diskusi dan berbagi cerita tentang Surabaya Heritage, khususnya Kampung Pecinan.

Datang ya.. Kita belajar masa lalu untuk dapat optimal di masa sekarang.

11 thoughts on “Launching Buku : Surabaya dalam Jejak Kenangan

  1. Pingback: Kelestarian bangunan heritage, tanggung jawab kita semua – diskusi Surabaya dengan Pak Dukut |

  2. Saya tinggal di Jakarta. Apa bisa pesan buku ini langsung dari ibu? Berapa harga buku dan ongkos kirimnya pakai JNS/TIKI. H.B.Touw

    • bisa, pak. tapi mohon maaf, ini masih edisi eksklusif, pakai kertas art paper, jadi jatuhnya mahal. 135rb. dengan ongkos kirim 15rb, pake TIKI. jadi total 150rb.
      bila bapak berkenal mohon saya diberi alamat email.
      Trimakasih.

  3. lhoo… bu ririn bikin buku….. saya baru tahu sekarang…..berarti sering berkomunikasi dengan Pak Dukut ya bu…. beliau juga bikin buku – buku yang bertipe serupa……
    *Semoga masih ingat dengan saya ya bu,,,,hehehehe….

    • He he he..iya anzar..kemarin memang mengusung pak Dukut untuk acara nya Kampus dan dalam rangka mluncurin buku itu.. Gimana dg Anzar.. sudah jadi juga kah.. buku tentang kereta apinya. bu ririn tunggu lo..

  4. hehehee….. kalo saya sejak SMA sudah berkeinginan untuk bikin buku bu….. tapi bukan tentang kereta api, lebih mengarah ke psikologi (dulu..) tapi belum cukup modal buat isi materinya bu, jadinya sekarang coba aktif dalam dunia tulis menulis di blog dulu bu……

    • he he he juga Anzar..seneng mendengarnya. bahwa ternyata menulis juga menjadi hobby Anzar. siipp.. teruskan ya. (y)…🙂 anzpratama.blogspot.com ya.. oke deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s