Kuliah Lapangan…lagee… :D

Semester 1, mahasiswa arsitektur… wwaaoooww… keereenn…

Begitulah kesan dan semangatnya. Setengah semester telah terlewati, materi desain arsitektur 1, banyak mengolah unsur desain tanpa kejelasan maksud dan tujuan yang ngarsitektur. Tugas UTS, yaitu lomba desain sculpture bertemakan alam, telah dimenangkan oleh 3 mahasiswa. Beberapa ada yang grogi, karena wujud ujian adalah lomba desain… sehingga desain malah gak bisa optimal… hehehe… no matter… toh semangat menyelesaikan project tetap terlihat, tanpa surut sedikitpun. two tumbs up untuk kalian…

Maka untuk tugas sampai dengan UAS, berupa aplikasi dari studi-studi unsur2 desain sebelumnya yaitu project ‘ Space Entrance‘ dengan penekanan desain pada pintu gerbang, pos jaga dan sculpure. Satu tim berisi 3 anggota, masing-masing konsentrasi di salah satu desain dari 3 elemen space entrance tersebut.

Langkah pertama dalam proses desain.. yaitu kajian literature telah dilaksanakn di minggu pertama setelah uts.. Hadiah diberikan atas semangat mereka dengan mengajak mereka jalan2.. Kuliah lapangan, ke beberapa kompleks perumahan highclass,

Tanpa berbekal surat ijin sebelumnya, dan hanya mengandalkan tutur kata yang sopan dan permintaan dengan senyum semanis madu ke para security team yang menjaga kompleks, akhirnya kuliah lapangan berhasil dilakukan.

Pertama kita ke Perumahan yang memiliki space entrance sangat luas.

20141104_094635Anak-anak berpose di depan Space Entrance yang menarik da megah

Banyak unsur desain terpakai di desain space entrance perumahan ini. Garis, bidang dan ruang menyatu dengan finishing warna natural dan tekstur natural. menarik. indah dan menangkap perhatian.

20141104_101957Space Entrance perumahan kedua

Panas yang terik tidak menyurutkan semangat anak-anak. berbekal air minum dalam botol dan permen, Diskusi dilakukan di setiap titik pengamatan. Obyek kedua lebih beragam dalam menggunakan dan mengkomposisikan unsur desain. Pemaknaan unsur desain lebih vulgar. Lebih mudah dipahami secara visual. tidak hanya sekedar tersirat.

Terakhir, kami berada di areal kompleks kota baru yang sangat ketat dalam menjaga desain rumah, lansekap dan semua desain yang ada di dalamnya.  Tapi kami harus melakukannya. Karena ini studi yang harus dilakukan. Maka diskusi tetap harus dilakukan di setiap elemen space entrance.

Sampai kami dicurigai karena diskusi ditepi jalan dibawah pohon yang agak rindang. Tapi syukurlah. bapak security malah mempersilahkan kami diskusi di taman kolam renang yang ada di guest house di sudut kompleks kota baru tersebut. Alhamdulillah.

pakuwonAnak-anak berpose untuk berterimakasih pd yang telah mengijinkan kami diskusi di tempat yang lebih baik dan sejuk

Terimakasih kami ucapkan pada banyak pihak yang telah memberikan waktu untuk kami berdiskusi langsung di depan elemen space entrance dalam usaha kami untuk mempelajari suasana yang diakibatkan oleh dimensi, komposisi dan tatanan space entrance yang ada di kompleks perumahan bapak/ibu pengelola/pemilik.

Ending perjalanan, ditengah panas terik, kami selesaikan dengan makan bakso Salim di dekat kampus bersama-sama.. uwaahhh… nyaman sekali es Garbisnya… sambil diskusi, kita selesaikan es garbisnya…😀

Jangan lupa diskusi untuk menentukan performance requirmen nya ya anak-anak, agar desain kalian menyatu dalam satu areal..

2 thoughts on “Kuliah Lapangan…lagee… :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s